Iklan Jumbo

FAKTA UNIK DAN MENARIK TENTANG PROVINSI JAWA BARAT

Gambar Provinsi Jawa Barat
Gambar 1. Provinsi Jawa Barat
Hai Sobat, kali ini saya akan berbagi  informasi yang cukup menarik nih bagi kalian yang ingin menambah wawasan seputar pengetahuan umum. Dan informasi menarik kali ini adalah mengenai Fakta Unik Propinsi Jawa Barat.

Gambar 2. Lambang Provinsi Jawa Barat
Apa saja sih fakta unik yang ada di Provinsi Jawa Barat ?                           
  • Jawa Barat (bahasa Sunda: Jawa Kulon) adalah sebuah provinsi di Indonesia, ibu kotanya berada di Bandung.
  • Wilayah Jawa Barat pada abad ke-5 merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanagara.
  • Jawa Barat sebagai pengertian administratif mulai digunakan pada tahun 1925 ketika Pemerintah Hindia Belanda membentuk Provinsi Jawa Barat
  • Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut.
  • Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk
  • Selain itu, Kota Bandung juga merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan.
  • Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana.
  • Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya
  • Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner.
  • Di Bandung, terdapat sebuah gedung yang menjadi Ikon kota Bandung dan jawa barat pada umumnya, namanya adalah Gedung Sate.
  • Kota Bandung dikenal juga dengan kota Seniman karena kekreatifan anak-anak mudanya.
  • Pada tahun 2007, British Councilmenjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Dan saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.
  • Provinsi Jawa Barat ini berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat.
  • Di kota Bandung terdapat sebuah masjid yang dilengkapi dengan taman bermain yang indah dan dijadikan sebagai alun-alun kota Bandung.
  • Bandung juga memiliki sebuah masjid yang memiliki arsitektur yang menawan, karena bentuk dari masjid tersebut sangat berbeda dari masjid-masjid yang ada pada umumnya, namanya adalah Masjid Al-Irsyad Bandung.
  • Di kota Sukabumi terdapat pula sebuah masjid yang memiliki kubah seperti emas, namanya adalah masjid Agung kota Sukabumi.
  • Dan di kota semarang terdapat sebuah masjid yang tak kalah indah dan menawan, namanya adalah masjid Agung Semarang.
  • Bandung juga memiliki beberapa universitas dan perguruan tinggi terkemuka yang sudah mengharumkan nama bangsa, salah satunya adalah Institut Teknologi Bandung atau disingkat dengan ITB.
  • Di provinsi ini, terdapat sebuah tempat wisata yang dikenal dengan nama wisata Puncak, yang terletak di kota Bogor.
  • Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, yang bertutur menggunakan Bahasa Sunda.
  • Penggunaan bahasa daerah kini mulai dipromosikan kembali. Sejumlah stasiun televisi dan radio lokal kembali menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar pada beberapa acaranya,
  • Iklim di Jawa Barat adalah tropis, dengan suhu 9 °C di Puncak Gunung Pangrango dan 34 °C di Pantai Utara,
  • Jawa Barat adalah bagian dari busur kepulauan gunung api (aktif dan tidak aktif) yang membentang dari ujung utara Pulau Sumatera hingga ujung utara Pulau Sulawesi
  • Berdasarkan letak geografisnya,  Provinsi Jawa Barat memiliki potensi perikanan yang sangat besar
  • Nama 'Bandung' berasal dari kata Bendung/Bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Tangkuban Perahu.
  • Kota Bandung merupakan kota terpadat di Jawa Barat, di mana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda.
Bagaimana sih Karakteristik, Sifat dan Kebiasaan Orang Sunda?
Gambar Karakteristik Provinsi Jawa Barat
Gambar 3. Gambar Karakteristik Provinsi Jawa Barat
Kebiasaan Orang Sunda – Orang Jawa Barat yang sebagian besar termasuk dalam suku sunda memiliki ciri khas tertentu yang membedakannya dengan suku lain, baik dari tekstur wajah, gaya bicara maupun sifat.

Leluhur sunda yang dikenal memiliki watak lemah lembut, mewariskan sifat-sifat yang melekat dalam diri orang sunda dan menjadi keunikan tersendiri ketika mereka berbaur dengan masyarakat lainnya.

Meskipun hal-hal berikut ini tidak mutlak mencerminkan sifat, karakter dan kebiasaan orang sunda secara keseluruhan, namun ya beginilah realitanya, mayoritas masyarakat sunda pasti memiliki 50% dari fakta yang kami sampaikan berikut ini. hehe

1. Ramah, Sopan dan Pastinya Murah Senyum

Pada umumnya orang sunda itu ramah, sopan dan murah senyum kepada siapa saja, meskipun kadang pada orang yang belum dikenalnya. Dalam diri orang sunda ada filosopi “Soméah Hade ka Sémah” yang artinya ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap tamunya atau setiap orang.

Budaya dalam masyarakat sunda sangat menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kesopanan, itulah kenapa orang sunda dikenal murah hati dan baik terhadap sesama apalagi terhadap orang yang lebih tua ataupun belum dikenal.

2. Lucu dan Humoris Pisan

Selera humor orang sunda itu tinggi, kadang mereka dapat membuat kamu tertawa meski dalam situasi serius sekalipun, tengok saja Walikota Bandung, Ridwan Kamil yang hanya dengan status-status di media sosialnya saja dapat membuat kita tertawa terpingkal-pingkal.

Selain itu, banyak sekali banyolan-banyolan atau bodoran dalam bahasa Sunda. Seperti Bodoran wayang golek, cangehgar, lawakan kang Ibing, Dongeng-dongeng sunda, Si Ijem, Ceramah Jujun, Lawakan Ohang yang dapat membuat hidup orang sunda penuh dengan senyum.

3. Gak Bisa Membedakan Huruf F dan P

kebiasaan orang sunda orang sunda tidak bisa ngomong f, Orang sunda dikenal susah membedakan atau ngomong huruf F dan P (meskipun tidak semuanya), Ketika menyebut Fitnah mereka malah menyebut Pitnah.

Sebetulnya ada penjelasan ilmiah mengapa orang sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V. salah satunya karena huruf tersebut memang tidak dikenal dalam aksara sunda (Kaganga) di jaman dulu. Hal ini mungkin menular turun temurun dan menjadi sebuah kebiasaan. Karena saya perantau, kadang teman saya dirantau suka mengetes (ngeledek lebih tepatnya. he) di suruh mengatakan kata-kata yang ada hurup F nya . ya.. ujung-ujungnya malah diketawain.

Begitupun ketika berada dilingkungan pesantren, beberapa dari ustadz yang ngajar saya mengaji langsung bisa menebak saya berasal dari sunda, karena ada beberapa huruf Al-Quran yang hanya orang sunda yang melafalkannya demikian.

4. Logat Ngomongnya Itu Khas

Hanya dari logat bicaranya saja orang sunda dapat langsung dikenali. Meskipun berbicara menggunakan bahasa Indonesia orang sunda kadang masih membawa dialek aslinya yang khas dan ‘bergelombang’.

Di sunda sendiri, logat atau nada bicara antara daerah kadang berbeda satu ke daerah lainnya , mereka memiliki intonasi masing-masing yang terdengar lucu dan menggelikan bagi sebagian orang.

5. Orang Sunda Gak Suka Merantau? Masa Sih?

 Ya.. mau gimana lagi, tho pusat keramaian ada di Bandung dan Jakarta sebagai Ibukota, orang sunda itu gak mau merantau karena nyaman sendiri di tempat tinggalnya yang juga subur. Tapi banyak juga koq guys .. sekarang orang sunda yang hidup merantau, apalagi untuk tujuan pendidikan.

6. Mempunyai Nama Yang Unik dan Sama

Nama asep di sunda, Waktu SD sampai SMA, pasti minimal ada 3 nama asep di dalam kelas, Asep Badruddin lah, Asep Tomang lah, Asep Guntur lah, Asep Asepudin Safiudin Nasrudin lah. Kebiasaan orang sunda terutama kolot baheula (orang tua jaman dulu) lebih senang memberi nama anak mereka dengan nama seperti.
“Asep, Dede, Sri … , Jajang, Enjang, Ujang, Aam, Aceng, Ade, Cecep, Dedi, Cecep, Encep, Eneng, Euis, Kokom, Elis.” yang dikombinasikan dengan akhiran yang sama dengan nama awal seperti.

Asep Surasep,
Dede Sunade,
Cecep Gumasep,
Euis Suherlis.
Karena kebanyakan orang bernama sama di dalam kelas, kadang sang guru menyiasati situasi tersebut dengan mengganti nama akhiran
dengan angka, seperti
Nama Asep Hermawan jadi Asep 1,
Asep Dosol Jadi Asep 2,
Asep Sunandar jadi Asep 3 dan seterusnya.

7. Dilarang Menikah Sama Orang Jawa? Kenapa Ya?
Gambar Pengantin
Gambar 4. Gambar Pengantin 
Kebiasaan orang sunda jaman dahulu takut kualat kalau anaknya menikah dengan orang jawa, sebetulnya ini hanya mitos saja. Namun di masa kini pun masih banyak yang percaya, jika orang sunda dan jawa disatukan dalam pernikahan maka kehidupan keluarganya-pun gak bakalan langgeng.

Mengenai mengapa orang tua sunda kadang melarang menikah dengan orang jawa salah satunya karena dendam dari Perang Bubat antara kerajaan Pajajaran dengan Kerajaan Majapahit di masa lalu. Namun bisa juga karena karakter dari orang Jawa dan Sunda yang saling bertolak belakang satu sama lainnya. Tapi banyak juga koq orang sunda dan jawa yang menikah dan kehidupan mereka fine – fine aja.

8. Orang Sunda (Katanya) Gareulis dan Garanteng
Gambar Orang Sunda yang Cantik
Gambar 5.  Orang Sunda itu Cantik
Dalam bahasa Indonesia artinya Cantik-cantik dan Tampan-tampan seperti saya hehe, tatar sunda terkenal dengan wanita-wanitanya yang cantik dan kemayu, di sunda sendiri ada istilah mojang priangan yang menggambarkan kecantikan dan karakter wanita sunda.

Kalau kamu sedang mencari pendamping hidup, Main-main lah ke daerah sunda … Insya Allah bertemu jodoh terbaik .. Aamiin :D

9. Mempunyai Tekstur Muka yang Khas

Selain dari gaya bicara, orang sunda juga biasanya dapat dikenali langsung dari tekstur muka dan kulitnya, wajahnya yang kalem dengan kulit putih atau sawo matang pas menandakan bahwa orang itu adalah orang sunda pisan.

10. Hidup Mah Di Bawa Santai Aja ..

Kepribadian orang sunda itu nyantai dan gak ribet, mereka memandang suatu masalah dengan tenang dan dibawa santai, orang sunda berbeda dengan orang jawa yang dikenal keuletan, kegigihan dan keseriusannya.

Karakter orang sunda diwakili oleh sosok Kabayan yang digambarkan sebagai seorang pemalas, santai namun banyak akal. meskipun si Kabayan adalah sosok piktif tapi sosok yang sudah melegenda ini adalah salah satu cerminan dari sebagian masyarakat sunda .

11. Kreatif dan Inovatif Pastinya
Gambar Angklung Alat musik dari jawa barat
Gambar 6. Gambar Angklung Alat musik dari jawa barat
Tengok saja anak-anak muda Bandung yang dikenal kreatif dan penuh terobosan, baik dalam bidang seni sampai olahraga. Sebagian dari orang sunda juga dekat dengan alam sehingga mereka terbiasa memanfaatkan benda disekitar menjadi lebih bernilai.

12. Suka Lalapan dan Sambel (Apalagi Sambel Dadakan)
Gambar Sambal dan Lalapan
Gambar 7. Gambar Sambal dan Lalapan 
Pernah berkunjung ke rumah orang sunda? atau makan di restoran sunda?
Jangan aneh bila anda dijamu dengan suguhan lalapan dan sambal. dipadukan dengan goreng tempe, tahu dan menu lainnya. Suasana jamuan akan semakin nikmat, apalagi bila berada di daerah dataran tinggi dengan pemandangan yang menakjubkan.

13. Kalau Marah Kayak Lagi Bercanda

Karena tekstur muka dan bahasa yang dimiliki oleh orang sunda kadang kalau marah pun mereka terlihat seperti orang yang lagi ngobrol biasa.

Berbeda dengan misalnya orang Medan (nyebut merk. hehe), yang kalau ngobrol doang pun kadang terlihat kayak lagi berantem. – Piss :v

14. Pake Imbuhan Mah, Da, Atuh Euy, sok Kalau Ngomong

Ketika berbicara dalam bahasa Indonesia pun kata-kata seperti mah, da , atuh, euy biasanya terselip dan susah untuk dihilangkan karena sudah menjadi kebiasaan orang sunda. Berbicara tanpa imbuhan tersebut bagi orang sunda seperti makan sayur tanpa air. (gak enak. hehe)

Beberapa dari kata imbuhan ini ada yang memiliki arti ada juga yang tidak memiliki arti bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

15. Bahasa Sunda Banyak Kosakata, Lieur

Banyak sekali kosakata dalam bahasa sunda yang tak dapat diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia atau kalau diterjemahkan pun artinya malah semakin aneh.

Sok…apa coba arti dari tikusruk, tikosewad, tisereleu, tijengkang, tigebrus dalam bahasa Indonesia? Mau nyari di kamus apapun gak bakalan ada, kalaupun ada paling artinya adalah “jatuh”, padahal..ya.. bukan itu tentu artinya.

16. Agamis dan Rajin Shalat, Insya Allah

Memang, beberapa kota di Jawa Barat terkenal religius dengan berbagai pondok pesantren yang bertebaran di setiap sudutnya. Orang-orang yang berasal dari daerah tersebut biasanya memiliki karakter agama yang kuat dan agamis.

17. Suka Persib Bandung (Bobotoh)

Persib menjadi lambang kota Bandung dan juga Jawa Barat, rasa memiliki masyarakat sunda terhadap Persib sudah mendarah daging sejak jaman perserikatan dulu.
Ketika saya kecil, rumah warga yang mempunyai televisi (dulu jarang) penuh sesak oleh para tetangga yang mendukung tim yang dulu banyak dihuni pemain asli Sunda ini.

Dan sekarang, ketika Persib menjadi lebih modern dan dihuni banyak oleh pemain luar sunda ataupun asing. Kecintaan masyarakat sunda terhadap persib tak pernah luntur dan ber-regenerisasi dari jaman ke jamannya.

Orang sunda yang tak suka Persib itu aneh dan perlu dipertanyakan kesundaannya…. hehehehe

Sifat Jelek Orang Sunda (Katanya)

Banyak orang beranggapan kalau sifat orang sunda itu gengsian dan sifat wanita sunda itu matre dan egois, hal itu mungkin saja benar, mungkin juga kurang tepat, tapi saya menganggap itu bukanlah sifat bawaan yang diturunkan leluhur sunda. Hal itu bisa jadi disebabkan karena faktor lingkungan.

Seperti diketahui suku sunda berdekatan dengan dua kota yang menjadi ‘pusat’ kehidupan Indonesia, Bandung dan (terutama) Jakarta. jadi standar hidup sebagian masyarakat kadang berkiblat ke dua kota besar tersebut.

Selain itu, Sebagian sifat orang sunda juga ngomongnya masih menggunakan bahasa kasar, menggunakan kata-kata kasar sunda seperti;

Anying, anjir, goblog, aing (saya), sia (kamu), bagong, kehed, ontohod dalam setiap percakapannya.

Sifat orang sunda lainnya yaitu terlalu santai yang bagi sebagian orang sifat santai itu kadang dianggap sebagai kemalasan. Beberapa perusahaan yang berdomisili di Jawa Barat banyak yang memprioritaskan untuk menerima Orang Jawa sebagai karyawannya.

Pernah saya ngobrol dengan seorang teman yang berprofesi sebagai HRD di sebuah perusahaan ternama di Karawang, dia mengatakan bahwa prioritas mereka menerima orang jawa daripada sunda di perusahaannya. Alasannya ya itu tadi, orang sunda itu santai-santai, sedangkan orang Jawa lebih rajin, cekatan dan juga ulet.

Itulah tadi penjelasan tentang Karakter,Karakteristik, Sifat, Fakta dan Kebiasaan orang sunda yang disusun berdasarkan pengamatan dan saringan dari berbagai tulisan yang ada sebelumnya.

Apabila ada yang mau menambahkan atau bertanya tentang artikel ini, Saya undang kamu  untuk berkomentar di tulisan ngacapruk ini.

Sekian dan Semoga saja tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian yang ikut membacanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "FAKTA UNIK DAN MENARIK TENTANG PROVINSI JAWA BARAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel